Wednesday 8 April 2015

Blok Mahakam Rampung Pekan Depan

Blok Mahakam
Setelah ada birokrasi panjang bertele-tele yang masih belum selesai juga, akhirnya sepertinya kali ini ada titik terang yang sebenarnya. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan skema masa transisi pengelolaan Blok Mahakam, Kalimantan Timur diputuskan pekan depan.

Pembahasan antara PT Pertamina (persero), dengan Total E&P Indonesie dan Inpex Corp berjalan baik dan segera mencapai kesepakatan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Menteri ESDM Sudirman Said yang mengatakan bahwa pembicaraan skema tersebut sudah bergulir sejak dua pekan lalu. Dia menyatakan bahwa perkembangan pembicaraan antar perusahaan migas itu yakni sedang menyiapkan draft Head of Agreement (HoA) yang ditargetkan pekan depan ditandatangani.

"Setelah HoA disepakati maka keduanya menyepakati tahapan transisi yang diharapkan dalam 2 tahun bisa diselesaikan," terang Sudirman.

Sudirman menjelaskan bahwa masa transisi penting dalam menjaga kestabilan produksi di Blok Mahakam pascaberakhirnya kontrak di akhir 2017. Dia menyebut masa transisi sekitar 2 tahun harus dioptimalkan oleh Pertamina dengan menyiapkan pengadaan barang dan jasa. Selain itu Sudirman menegaskan pekerja di Blok Mahakam diharapkan menjadi pekerja Pertamina pasca berakhirnya kontrak. Dengan begitu maka operasi produksi di Blok Mahakam tidak akan terganggu.

"Transisi ini dianggap terlalu tajam tapi Pertamina harus secepat mungkin untuk masuk di Blok Mahakam. Jadi pada waktu Januari 2018, Pertamina sudah siap sebagai operator baru," pungkasnya.

Semoga saja kali ini akan beneran diputuskan dan berbagai pembahasan tersebut bisa diselesaikan dengan baik sehingga ada keputusan yang final.


Para pihak dan masyarakat pasti sudah lelah dengan pembahasan yang tidak ada ujungnya ini.

No comments:

Post a Comment