Wednesday 11 February 2015

Pertamina Tidak Niat Untuk Mengelola Blok Mahakam

Pertamina
Lagi-lagi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral meminta kepada Pertamina untuk segera menyampaikan proposal final pengajuan pengelolaan operasi Blok Mahakam pada bulan Februari ini.

Ternyata sekarang ini proposal pengajuan pengelolaan Blok Mahakam sedang dikaji oleh jajaran direksi Pertamina sebelum diserahkan oleh komisaris.

Pertamina mengatakan bahwa banyak hal yang harus dipertimbangkan Pertamina dalam proses pengajuan proposal Blok Mahakam tersebut. Dalam proposal itu Pertamina akan menjelaskan kepada pemerintah tentang pengelolaan dan rencana bisnis Pertamina dalam mengoperasikan Blok Mahakam.

Sedangkan tanpa dasar argumen yang jelas, Pertamina merasa harus segera mengambil alih produksi Blok Mahakam dari PT Total E & P. Sebab, kalau tidak, produksi minyak dan gas Blok Mahakam akan terancam turun.

Perkiraan penurunan produksi Blok Mahakam akan berkisar 10-20 persen berdasarkan natural decline. Jika dibiarkan selama setahun, produksi Mahakam akan turun 20 persen untuk gas.

Namun kalau hanya dalam akhir bulan ini dan awal bulan depan, penurunannya tidak terlalu banyak. Karena itu, untuk menjaga stabilitas produksi minyak, Pertamina harus segera mengambil alih operasi Blok Mahakam. Kalau serba tidak jelas, nanti investasinya tidak jadi dilaksanakan.

Kalau seperti ini, kita sendiri yang jadi bingung. Pertamina ini maunya apa sih? Jelas-jelas Pertamina yang sudah sangat ngebet untuk kelola Blok Mahakam, tapi begitu diberikan kesempatan malah tidak digunakan secepatnya.


Ataukah memang Pertamina tidak memiliki dana untuk mengelola Blok Mahakam? Apabila demikian, sebaiknya Pertamina tidak usah gengsi untuk menggandeng Total E&P dalam mengelola Blok Mahakam. Total kan sudah menyatakan bersedia untuk investasi hingga triliunan rupiah di Blok Mahakam.  Selesai toh?

No comments:

Post a Comment